Rabu, 21 Desember 2016

Jelang Natal dan Tahun Baru Harga Sembako Mulai Naik di Beberapa Daerah

Pasar
Jelang Natal dan Tahun Baru harga beberapa jenis cabai di pasar Baru Bekasi meningkat derastis, cabai rawit hijau dan cabai rawit merah naik harga rata-rata 30 hingga 50% dari harga 40.000 rupiah/kilogram naik di kisaran 60.000 hingga 70.000 rupiah/kilogram. Meski begitu harga cabai merahi biasa justru turun hingga 50% dari 60.000 rupiah menjadi 40.000 rupiah/kilogram.

Para pembeli mengeluhkan kenaikan ini. Selain cabai harga sayur mayur seperti kacang panjang dan buncis juga naik hingga 50% namun harga sayur mayur lainnya seperti tomat dan bawang masih relatif normal meski begitu suasana di pasar masih ramai oleh pembeli.

Harga ayam potong dipasar tradisional Legi kota Blitar mulai merangkak naik 2.000 rupiah/kilogram dari harga 27.000 rupiah menjadi 29.000 rupiah/kilogram kenaikan harga dipicu minimnya pasokan ayam menjelang Natal dan Tahun Baru.

"sudah mulai naik-naik dari hari kalau gak salah 5 hari kemarin sudah mulai naik naik tapi naiknya perlahan gak seperti biasanya kalau naik biasaya 1.000 satu kilonya sekarang beberapa hari ini cuma 500" ujar Sugiarti Pedagang Ayam potong

Harga telur ayam ikut meragkak naik dari harga 17.000 rupiah naik menjadi 19.000 rupiah/kilogram para konsumen mengeluhkan kenaikan harga ini.

Begitu juga dengan harga ayam potong di sejumlah pasar tradisional di kota Tegal Jawa Tengah, di pasar Pagi kota Tegal harga ayam potong naik dari 32.000 rupiah menjadi 35.000 rupiah/kilogram.

Sejulah pedagang mengaku naiknya harga ayam potong terjadi karena banyaknya permintaan dari konsumen sejak momen peringatan Maulid Nabi hingga kebutuhan Natal dan Tahun Baru.

Pedagang yang biasanya menjual 70 kilogram ayam potong tiap harinya sejak sepekan terakhir bisa menjual lebih dari 100 kilogram. Kenaikan harga ayam potong dikeluhkan sejumlah ibu rumah tangga yang sedang berbelanja dipasar.

"kadang-kadang yang penting bisa beli ya ini bagi yang gak bisa ya kan kasian ya kita belinya dikurangi" ucap Soimah Pembeli

Meski pasokan lancar para pedagang memperkirakan harga ayam potong masih akan mengalami kenaikan hingga akhir tahun ini karena terus meningkatnya kebutuhan masyarakat jelang Natal dan Tahun Baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar