Minggu, 15 Januari 2017

Presiden Jokowi Bertemu PM Jepang Shinzo Abe Untuk Bahas Investasi Infrastruktur

Tahun 2017 hubungan antara Indonesia dan Jepang telah memasuki tahun ke 59, pada masa pemerintahan Jokowi hubungan kerja sama antara Jepang dan Indonesia semakin erat khususnya di bidang perdagangan dan ekonomi kemaritiman dan sumber daya alam
Presiden Jokowi dan Shinzo Abe PM Jepang
Tahun 2017 hubungan antara Indonesia dan Jepang telah memasuki tahun ke 59, pada masa pemerintahan Jokowi hubungan kerja sama antara Jepang dan Indonesia semakin erat khususnya di bidang perdagangan dan ekonomi kemaritiman dan sumber daya alam.

Untuk meningkatkan kerja sama kedua negara hari ini Presiden Jokowi dan Perdana Menteri Shinzo Abe bertemu di Istana Bogor Jawa Barat, dalam pertemuan tersebut Abe membawa serta kurang lebih 29 pemimpin perusahaan Jepang, para pengusaha ini diajak untuk melihat potensi investasi di Indonesia.

Fokus utama dari lawatan Abe di Indonesia adalah memperkuat jalinan kerja sama ekonomi, lawatan Abe ke Indonesia ini disebutnya misi perdagangan. Jepang ingin meningkatkan kerja sama perdagangan dengan pemerintah dan swasta di Indonesia.

Perluasan di sektor perdagangan dan investasi turut membantu pertumbuhan ekonomi bagi Indonesia dan Jepang, Jepang dan Indonesia juga akan sepakat meningkatkan kerja sama dalam pembangunan infrastruktur termasuk pembangunan Pelabuhan Patimbang di Subang Jawa Barat serta kereta api semi cepat Jakarta - Surabaya.

Kerja sama dengan Indonesia di anggap penting oleh Jepang karena Indonesia termasuk salah satu negara pilar di ASEAN, selain itu Jepang berharap Indonesia menjadi perekat hubungan antara Negara ASEAN dan hubungan dengan Pemerintahan Jepang.

Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe berencana membahas berbagai proyek investasi di Indonesia, Menteri koordinator bidang kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan sebelumnya menyebutkan kerja sama Indonesia - Jepang salah satunya adalah pembangunan blok masalah yang nilai investasinya mencapai 16 miliar dolar Amerika Serikat dan Luhut menjelaskan bahwa Jepang adalah mitra strategis bagi Indonesia, nilai total investasi yang di ajukan Indonesia kepada Jepang bisa mencapai 40 miliar dolar Amerika Serikat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar